Website Ini Masih dalam Tahap pengembangan, Masukan anda sangat kami harapkan untuk perbaikan kedepannya

Selamat Datang, Semoga dengan hadirnya website ini, dapat meningkatkan pelayanan administrasi dan informasi kepada masyarakat.

 

Kain Tenun, adalah "Batiknya" kita.

Administrator 28 September 2018 13:55:37 Kabar Desa

Kain kebat namanya. Kain tenun ini biasa dipakai oleh masyarakat Suku Dayak Iban, khususnya Desa Mensiau, batang Lupar, Kapuas Hulu, . Kain ini menjadi salah satu pakaian mewah yang biasa digunakan pada upacara-upacara kebesaran.

Para penenun dari Suku Dayak Iban sering menggunakan pola asimetris pada kain kebat. Selain itu, mereka juga sering menggunakan motif-motif alam, seperti tanaman dan hewan.

Harga kain kebat sangat bervariasi. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Kualitas kain serta kerumitan motif sangat menentukan harga sehelai kain kebat.

Selain kain kebat, Suku Dayak Iban juga memiliki beberapa kain tenun khas lainnya. Salah satunya kain tenun sidan. Kekhasan kain tenun ini adalah pada warna-warna terang dan cerah, ular, bebuli (pusaran air), ikan kenyulung (ikan buaya raksasa), serta remaung jangah (hantu penunggu hutan).

Kain lain yang juga berasal dari Suku Dayak Iban  ini adalah kain sungket. Kain ini memiliki motif garis-garis yang besar dan tegas, motif bukan sekadar gambar. Ia adalah pusaka warisan nenek moyang. Di setiap goresan ada pengalaman spiritual dan persepsi tentang alam. Baik sisi keindahan maupun bahayanya. Tetapi, ada juga motif-motif kuno yang disimpan rapat dalam peti-peti milik perempuan Dayak yang sudah berusia lanjut (puak). Warnanya lebih suram; tema motifnya lebih seram. Membuatnya pun tidak boleh sembarangan.

Kain-kain buah tangan para penenun muda biasanya digantung di dinding ruai (ruang tamu) rumah-rumah Betang. Warna-warnanya cerah dan motifnya menggambarkan bunga, pohon, dan keindahan alam yang lain.

(Ericks, Foto : Silvester Berasap)

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Sinergi Program

Website Pemda Kapuas Hulu Website Pemprov Kalbar
Website Kemendagri Website Kemendes

Peta Desa

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung